Tenis meja

Tennis meja merupakan olahraga yang menggunakan bat (pemukul), bola ping-pong, dan meja. Dalam permainan tennis meja terdapat 2 cara memegang bat yaitu penhold dan shakehand. Dalam permainan tennis meja juga terdapat tehnik-tehnik yang dapat dipelajari baik itu tehnik servis maupun tehnik pukulan.

Berikut ini adalah tehnik-tehniknya :

1. Tehnik servis :

-Servis backspin.
Keuntungan bila memakai servis ini adalah:
a. bola yang dihasilkan servis backspin yang berat, pendek, dan rendah, sulit untuk dikembalikan dengan suatu pukulan keras oleh lawan.
b. bola yang dihasilkan oleh servis backspin merupakan senjata ampuh untuk mencegah pengembalian berupa drive.
c. bola yang dihasilkan oleh servis backspin sulit untuk diduga arah dan tipe perputarannya.

-Servis high toss.

2. Tehnik pukulan :

-Drive. Adalah pukulan yang paling kecil tenaga gesekannya. Drive biasa disebut lift, merupakan dasar dan induk dari berbagai jenis pukulan serangan.
Keistimewaan :
a. Tinggi rendahnya terbang bola mudah dikuasai
b. Cepat maupun lambatnya lajur bola tidak akan susah dikendalikan
c. Bola drive tidak mengandung tenaga yang terlalu keras
d. Bola bersifat sedikit perputaran
e. Dapat dilancarkan di setiap posisi titik bola di atas meja tanpa merasakan kesulitan terhadap bola-bola berat, ringan, cepat, lambat, tinggi maupun rendah, serta terhadap berbagai jenis perputaran bola.

-Push. Berasal dari perkembangan pukulan block.
Keistimewaan :
a. Bola push dapat dijadikan alat yang bersifat penjagaan untuk melewati situasi transisi yang juga dapat diubah menjadi satu pukulan mendorong berupa serangan balik.
b. Bola push termasuk bola polos, dengan bola pertahanan yang mengandung arti unsur serangan balasan .
c. Pukulan push dimainkan di bagian backhand, pada umumnya untuk mewakili backhand half volley yang bersifat mencari kesempatan untuk membangun pelancaran seranganh forehand

-Block. Sering digunakan di dekat meja sehingga sering disebut block pendek. Terdapat 2 macam yaitu blok datar dan blok redam.
Keistimewaan :
– Termasuk bola polos, yang merupakan salah satu taktik untuk bertahan dari jarak dekat meja
– Keseluruhan tenaga block pada prinsipnya mengembalikan bola dengan cara menggunakan atau meminjam datangnya tenaga desakan bola serangan lawan; jikalau mampu secara tiba-tiba mengubah-ubah arah titik penempatan bola, sehingga cara memblokir tersebut malah akan berubah menjadi pukulan serangan block.
– Mampu menyerap, mengurangi, atau memperlemah tenaga pantulan bola lawan.
– Sangat efektif digunakan ketika lawan berada pada posisi jarak tengah atau jarak jauh dari meja.

-Smash. Disebut juga pukulan pembunuh/pembantai bola karena merupakan pukulan yang bertenaga paling besar, cepat, serta berbahaya. Tetapi pukulan ini sangat menyita tenaga. Merupakan pukulan perkembangan dari pukulan hit dan tipe perputarannya termasuk bola poros.

-Hit. Digunakan dengan tenaga sedang di bagian forehand. Tenaganya tidak melebihi smash. Bola yang dihasilkan hit merupakan bola polos. Sering digunakan sebagai pengganti smash dan merupakan yang paling sesuai.

-Half volley. Disebut juga pukulan serangan kilat. Bola yang dihasilkan half volley merupakan bola polos.

-Side slip shot. Pukulan serangan yang bertujuan untuk menggelincirkan bola ke arah pinggir garis meja maupun sudut yang melebar. Berasal dari pukulan half volley.

-Loop. Membentuk bola yang berputaran atas ( topspin ) yang membentuk kurva, disebut juga penarik bola.
Pada dasarnya, pukulan loop dibagi menjadi 3 macam yaitu :
a. Loop drive. Bola serangannya mengandalkan putaran atas yang sangat kuat.
b. Power loop drive. Bola serangannya bersatu antara 50% tenaga putaran atas yang kuat dan 50% tenaga desakan merangsak ke depan menerobos.
c. Fast loop drive. Bola serangannya mengandung sifat paling cepat melesat ke depan disertai tenaga terobosan. Tetapi tidak menghasilkan putaran yang keras.

-Flick. Pukulan serangan terhadap bola rendah di sekitar net, dilakukan dengan mempergunakan kelenturan serta kekuatan pergelangan tangan dibarengi kecepatan menjatuhkan atau menempatkan bola. Bolanya termasuk bola polos.

-Drop shot. Drop shot yang efektif ialah drop shot yang menggunakan tenaga yang sedikit, bolanya mempunyai sifat daya tarik kembali, titik jatuhnya bola rata-rata berada di sekitar depan net. Tujuannya untuk mengacaukan tehnik permainan kaki dan tangan defend, juga bisa untuk membalas terhadap servus bola yang kuat di pinggir net.

-Short cut. Juga bisa disebut pukulan chop. Adalah cara melaksanakan pukulan di dekat garis meja dengan gerak pukul memotong ke bawah serta ke depan untuk menghadapi bola perputaran hasil pukulan pertahanan lawan dan servis bola rendah di sekitar net.
Ada 2 jenis short cut yaitu :
– Short cut cepat. Harus mahir memainkan short cut lambat.
– Short cut lambat

-Long cut. Tehnik yang paling penting untuk permainan jarak jauh. Menghasilakn bola kosong. Lebih banyak dilakukan oleh shakehander.
Ada 2 jenis long cut yaitu :
– Short cut cepat. Digunakan untuk permainan jarak menengah.
– Short cut lambat. Digunakan untuk permainan jarak jauh.

-Lobbing. Taktik untuk permainan jarak jauh dan menengah dalam tehnik bertahan. Terasa efektif bila dapat dioperasikan dengan melontarkan bola ke tempat garis meja tepat di hadapan lawan. Terasa lebih efektif bila sanggup mengubah sifat perputaran lob.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s